Selasa, 14 Agustus 2012

Pin It

10 Cara Menjadi Profesional Blogger

Di era Globalisasi ini, semua informasi bisa kita dapatkan dengan mudah melalui internet mulai dari tips sampai lelucon-lelucon, tapi jika kita fikir secara logika dan rasakanlah sebagai warga Indonesia, saya turut prihatin karena minat baca anak Indonesia itu rendah, karena membuka internet sekedar Cheat ,Hack, Game, or whatever, dan sekedar search google, lalu sudah....
dibawah ini adalah statisik saya :



dari stistik diatas menunjukkan bahwa kebanyakan pembaca adalah hasil dari search google, bukan returning visitor yaitu melalui subscribe by E-mail.

so, apa hubungannya dengan judul diatas, apabila kita kaitkan dengan masalah diatas, memang cukup sulit untuk menarik minat pembaca dari Indonesia terutama minat para anak muda, untuk itu kita harus benar-benar memutar otak sekaligus untuk meningkatkan minat baca Indonesia, Beberapa Hal yang saya tangkap dari beberapa personal blog didunia dengan pembaca yang cukup Signifikan yaitu sampai +10.000 reader adalah



  • Offer High Quality Content And Stay On your Niche
Konten berkualitas merupakan satu hal yang sangat penting untuk menarik minat pembaca, mereka para Blogger Professional  memiliki kemampuan untuk itu, dari pada harus plagiat dan tulis ulang, lebih baik kita mencari suatu kreasi kita sendiri, itulah yang disebut High Quality.
tetaplah pada tema Konten yang kamu pilih dari awal, jangan berubah-ubah. contoh apabila kamu memilih tema teknologi, tetaplah bahas isinya tentang teknologi, jangan berubah-ubah menjadi berita, makanan n bla bla bla
  • Web Design yang jelas
Perhatikan lah Design Web anda, usahakan design tersebut jelas, tidak banyak pengganggu. Contoh-contoh pengganggu pembaca :
# Gambar dan animasi yang Tidak jelas
# Design yang berlebihan
# Suara-suara yang mengganggu konsentrasi dalam membaca
# Pakai Cursor dan Template yang Standar dan tidak terlalu Berat
# Make your Blog SEO Friendly
Usahakanlah apa yang kamu tulis menonjol di banding yang lain, agar lebih Attractive dan menarik.
  • Lebih menggunakan CSS3 dibanding jQuery
jQuery,Designer mana yang gak kenal sama ini, namun effect sampingnya adalah membuat website / blog mu lebih berat dibanding yang lain, hal tersebut sangat mengganggu pembaca.
  • Mobile Support
Untuk saat ini, blog saya masih belum saya aktifkan Mobile Support seperti Liquid and Fixed LayOut, layout ini memungkinkan para pembaca dari mobile seperti iPhone dan iPad dan Gadget-gadget lain agar bisa membaca dengan layar penuh dan tidak terpotong. ini bukan suatu syarat yang penting , karena memang sulit untuk mengatur layout seperti ini bagi pemula.
  • Memiliki FeedBurner Mail Subscribe
jika kamu bingung mensetting feedBurner , lihat ini SetUp FeedBurner , feedBurner memungkinkan para pembaca meningkatkan Returning Visitor dengan berlangganan Via Email.
Just Check Out Mine:

  • Gunakan Situs Lain untu Meningkatkan Traffic
Sosial network facebook sangat mendukung untuk pembaca, buatlah Fan page atau Group untuk meningkatkan Popularitasmu
  • Gunakan Widget
Widget yang saya maksud adalah untuk menarik perhatian minat baca bukan keindahan , widget yang wajib kamu pasang adalah Related Post.
  • Perhatikan DoFollow dan NoFollow
Banyak blogger Indonesia yang mengesampingkan hal ini, JANGAN PERNAH MEN-DOFOLLOW EXTERNAL LINK, selalu gunakan NoFollow Eksternal link, apabila itu tetap kamu lakukan, Google akan menganggap Blogmu adalah SANDBOX.
  • Effectivitas Iklan
Profesional blogger selalu memperhatikan Iklan mereka agar menarik dan di klik, sebagai pendapatan . Google adsense emang udah ngetrend dari dulu namu banyak alternatif kok
Alternatif Google Adsense
  • Usahakan Untuk selalu membalas Komen Pembaca
Demi Kepuasan Pembaca, kita diharuskan untuk membalas komennya agar para pembaca menganggap, bahwa pembuat itu asli dan memahami benar apa yang ia tulis, dan apa yang terjadi???
ia akan kembali ke blog kita

Selalu ingat, bangunlah Afiliasi antar sesama blogger dan Komen sangat membantu para penulis, tulisan ini saya buat untuk meningkatkan Minat baca Anak Indonesia :)

2 komentar: